You are currently viewing PENCANANGAN ZONA INTEGRITAS

PENCANANGAN ZONA INTEGRITAS

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Khairun melakukan pencanangan Zona Integritas yang digelar di Ruang AULA FEBSelasa (05 Maret 2024). Hal ini merupakan langkah strategis melalui pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di  unit kerja Fakultas/Sekolah Pascasarjana. Pencanangan Zona Integritas ditandai dengan penandatanganan pakta integritas oleh Dekan dan para Wakil Dekan, beserta Pimpinan Program Studi, Dosen, Tendik, dan Mahasiswa yang disaksikan Perwakilan OMBUDSMAN Maluku Utara dan Ketua Satuan Pengawasan Internal Universitas Khairun, Dr. Irfan Zamzam.

Menurut Dekan FEB Unkhair, Muhsin N. Bailusy, SE., M.Si kegiatan ini merupakan salah satu wujud keistimewaan FEB yang berciri khas dimana akan mengoptimalkan tatakelola lembaga yang akuntabel transparan dalam rangka mewujudkan insan unggul, kreatif dan inovatif berkelanjutan.

Reformasi birokrasi merupakan salah satu strategi pemerintah dalam menciptakan profesionalisme aparatur negara dan tata kelola pemerintahan yang baik. Urgensi pelaksanaan reformasi birokrasi adalah untuk melakukan perubahan dan pembaharuan secara berkelanjutan pada birokrasi pemerintah agar tumbuh menjadi birokrasi yang bersih, akuntabel dan berkinerja tinggi, birokrasi yang efektif dan efisien serta mempunyai pelayanan publik yang berkualitas, dalam rangka mewujudkan cita-cita zero tolerance approach dalam pemberantasan korupsi di Indonesia.

Penetapan unit kerja sebagai WBK/WBBM tersebut dimaksudkan sebagai kompetisi dan menjadi area percontohan penerapan pelaksanaan reformasi birokrasi pada unit kerja di Universitas Khairun melalui pembangunan Zona Integritas dengan menerapkan instrumen Zona Integritas yang meliputi 6 komponen pengungkit, yaitu Manajemen Perubahan, Penataan Tata Laksana, Penataan Sistem Manajemen SDM, Penguatan Pengawasan, Penguatan Akuntabilitas Kinerja, dan Penguatan Kualitas Pelayanan Publik.

Kegiatan pencanangan ini diikuti oleh lebih dari 150 orang dosen, tenaga kependidikan dan perwakilan mahasiswa. Juga dilaksanakan penguatan zona integritas secara panel oleh Perwakilan OMBUDSMAN Prov. Maluku Utara, Ibu Eka, SH .

 

Penulis: QQN

Editor: QQN

Tinggalkan Balasan