Enam Bakal Calon Rektor Unkhair Lulus Tahap Penjaringan

Rapat pleno penetapan bakal calon Rektor Universitas Khairun digelar hari ini Jumat, 30 April 2021. Pertemuan para senator Universitas Khairun berlangsung di ruang rapat Senat lantai 3 Gedung Rektorat. Hadir dalam kesempatan itu Ketua dan Wakil Ketua Senat beserta para anggota Senat Universitas Khairun.

Sidang pleno penetapan bakal calon Rektor Unkhair dilakukan melalui Senat Universitas. Penetapan bakal calon Rektor Universitas Khairun merupakan tahapan terakhir dalam agenda Tahap Penjaringan yaitu Pengumuman Hasil Penjaringan. Dalam pasal 6 Permenristekdikti nomor 19 Tahun 2017 Tahap Penjaringan terdiri atas a). Pembentukan Panitia b). Pengumuman Penjaringan. c).Pendaftaran Bakal Calon d). Seleksi Administrasi dan e). Pengumuman Hasil Penjaringan.

Ketua Panitia Pemilihan Rektor Hidayatussalam, SH.MH ketika ditemui usai Sidang Pleno menjelaskan Rapat Pleno ini adalah kelanjutan dari rapat pleno ditanggal, 12 April 2021, ada beberapa hal yang dilakukan oleh panitia yakni konsultasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terkait dengan persyaratan bakal calon Rektor, hal yang dikonsultasikan diantaranya permasalahan manajerial dan masalah administrasi lainnya. Surat dari Kementerian terkait dengan persyaratan bakal calon Rektor telah dibacakan didepan para anggota Senat.

Lanjut Hidayat, setelah dijelaskan terkait surat hasil konsultasi panitia kepada seluruh anggota Senat maka melalui sidang pleno Senat Universitas Khairun memutuskan bahwa bakal calon Rektor yang dinyatakan lulus administrasi sebanyak enam orang bakal calon yaitu 1). Dr. M. Ridha Ajam, M.Hum. 2). Prof. Dr. Muhammad Irfan, SPi.M.Si 3). Dr. Nahu Daud, SE.M.Si. 4). Dr. Nurhalis Wahidin, SP.M.Sc. 5). Dr. Suratman Sudjud, S.P.M.P 6). Dr. Syawal Abdulajid, SH.MH. Selanjutnya 3 orang bakal calon Rektor yang tidak memenuhi syarat sebagai bakal calon Rektor adalah 1). Dr. Drs. Sutaryo M.Ed Tesol 2). Dr. Samsu Somadayo, S.Pd.M.Pd dan 3). Dr. Mukhtar A. Adam, SE.MM.

Setelah dinyatakan lulus dalam proses penjaringan, maka ke 6 bakal calon Rektor tersebut akan masuk pada Tahap Penyaringan yang terdiri atas 1). Penyampaian Visi Misi dan program kerja bakal calon dihadapan rapat Senat terbuka. 2). Pemilihan dan Penetapan Calon Rektor oleh Senat dalam Rapat Senant Tertutup. 3). Penyampaian calon Rektor Kepada Menteri. Hidayatussalam menjelaskan untuk agenda penyampaian visi misi akan dilaksanakan pada tanggal, 24 Mei 2021 dan Pemilihan calon Rektor dilaksanakan pada tanggal, 25 Mei 2021.

Keputusan senat pada hari ini dilakukan sesuai dengan norma yang berlaku dan unsur kehati-hatian dan ketelitian oleh panitia, ungkap Hidayat. Pada dasarnya panitia dan seluruh anggota senat menginginkan semua peserta bakal calon Rektor dapat lulus dalam Tahap Penjaringan, namun sekali lagi kita semua harus taat aturan dan norma yang berlaku.