Senat Universitas Khairun Tetapkan Tiga Calon Rektor Periode 2021-2025

Setelah menyampaikan visi,misi dan program kerja dihadapan segenap Sivitas Akademika Universitas Khairun, kini ke enam bakal calon Rektor periode 2021-2025 akan dinilai dan dipilih sebagai calon Rektor Universitas Khairun, hal ini sesuai dengan pasal 7 Permenristekdikti nomor 21 Tahun 2018 Tentang pengangkatan dan pemberhentian pimpinan Perguruan Tinggi. Bahwa tahapan penjaringan terdiri atas pertama Penyampaian visi,misi dan program kerja serta Penilaian dan penetapan bakal calon Rektor oleh Senat dalam rapat Senat Tertutup.

Bertempat di Aula Nuku gedung Rektorat Universitas Khairun hari ini Selasa, 25 Mei 2021, panitia pemilihan Rektor Universitas Khairun periode 2021-2025 menjadwalkan tahapan penyaringan calon Rektor sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Rapat Senat Tertutup ini dipimpin langsung oleh ketua Senat Universitas Khairun Dr. Suryati Tjokrodiningrat, SP.M.Si. Beliau didampingi oleh wakil ketua Senat Universitas Khairun Hidayatussalam, SH.MH. Sebanyak tiga puluh lima anggota Senat Universitas Khairun hadir dan memberikan hak suaranya kepada keenam bakal calon Rektor Universitas Khairun periode 2021-2025.

Setelah disepakati tata cara pemilihan, selanjutnya ketua Senat memberikan mandatnya kepada ketua panitia pemilihan Rektor, Hidayatussalam, SH.MH untuk memimpin proses pemilihan. Sesuai aturan setiap anggota Senat memiliki satu hak surat suara untuk diberikan kepada bakal calon Rektor.

Pemilihan calon Rektor di aula Nuku gedung Rektorat ini berjalan aman dan nyaman. Tiba saatnya panitia menghitung perolehan suara dari ke enam bakal calon Rektor. Dari ke enam bakal calon Rektor, tiga nama memperoleh suara tertinggi dan berhak maju pada tahap selanjutnya. Ketiga nama itu adalah  Dr. M. Ridha Ajam, M.Hum dengan perolehan suara 17 suara., Dr. Syawal Abdulajid, S.H., M.Hum memperoleh 10 suara, dan Dr. Suratman Sudjud, S.P., M.P. memperoleh 5 suara. Ketiga bakal calon lainnya masing masing Prof. Dr. Muhammad Irfan SPi. M.Si memperoleh 1 suara, Dr. Nahu Daud,SE.MSi memperoleh 1 suara dan Dr. Nurhalis Wahidin,SP.M.Sc memperoleh 1 suara.

Suasa Perhitungan Suara

Setelah perhitungan selesai dilakukan oleh panitia selanjutnya ketua panitia Hidayattussalam menyerahkan hasil perhitungannya kepada ketua Senat untuk ditetapkan dalam Rapat Senat Tertutup. Sebelum ditetapkan, seluruh anggota bersama ketua Senat menandatangani hasil perhitungan suara dalam berita acara rapat Senat Tertutup. Selanjutnya ketua Senat dengan resmi menetapkan ketiga bakal calon Rektor sebagai calon Rektor Universitas Khairun periode 2021-2025.

Dikutip dari rri.co.id. Rektor Unkhair Prof. Dr. Husen Alting meyakini tiga nama yang akan maju ke tahapan pemilihan calon merupakan orang-orang terbaik untuk membawa Unkhair semakin maju ke depan. “Kebersamaan yang selama ini mereka jalani akan menjadi modal besar guna membangun Unkhair ke depan, karena membangun kampus diperlukan kerja sama seluruh civitas akademik termasuk mereka bertiga,” ujarnya, Selasa, (25/5/21)

Lanjut Prof Husen, ketiga putra terbaik Unkhair yang terpilih tersebut, memiliki peluang yang sama menjadi orang nomor satu di kampus menggantikan dirinya, karena pada tahap pemilihan nanti, penentuannya berada di tangan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud-Ristek)

Sesuai pasal 9 Permenristekdikti nomor 21 Tahun 2018 Tentang pengangkatan dan pemberhentian pimpinan Perguruan Tinggi bahwa pemilihan selanjutnya dilakukan dalam rapat Senat Tertutup yang dilaksanakan oleh Senat bersama dengan Menteri. Pemilihan sebagaimana dimaksud dilakukan dengan ketentuan. Menteri memiliki 35% hak suara dari total pemilih yang hadir sedangkan Senat memiliki 65% hak suara dan masing masing anggota Senat memiliki hak suara yang sama. Dalam melaksanakan haknya Menteri membentuk tim penilai kinerja calon Pimpinan Universitas, hasil penilaian tim penilai akan menjadi pertimbangan Menteri dalam melaksanakan haknya.

Rektor Universitas Khairun Prof. Dr. Husen Alting, SH.MH berharap, semua proses pelaksanaan pemilihan Rektor Universitas Khairun ini dapat berjalan lancar dan tepat waktu, sehingga suasana kekeluargaan dan kebersamaan di lingkup Unkhair dapat terjaga dengan baik.

Ketua Panitia pemilihan Rektor Universitas Khairun, Hidayatussalam, SH.MH menyampaikan, ketiga calon rektor telah selesai dipilih oleh 35 senat, selanjutnya dokumen dan laporan hasil Pilrek akan disampaikan kepada Mendikbud-Ristek  untuk ditindaklanjuti. Selanjutnya agenda pemilihan tahap akhir rencananya digelar tanggal 25 Juni 2021 mendatang.