Unkhair Akan Gelar Pemilihan Rektor Dengan Cara E-Voting

Universitas Khairun akan menyelenggarakan tahapan pemilihan Rektor periode 2021-2025. Berbeda dengan system pemilihan Rektor sebelumnya, kali ini pemilihan Rektor dilakukan dengan cara e-voting. Hal ini sesuai surat dari Dirjen Pendidikan Tinggi nomor 0385/E/TP.00.02/2021 tentang Pemilihan Rektor Universitas Khairun. Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa dengan adanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat darurat corona virus disease 2019 maka pemilihan Rektor Universitas Khairun periode 2021-2025 agar dilakukan melalui media daring dengan cara e-voting.

Hidayatussalam,SH.MH selaku ketua panitia Pemilihan Rektor mengatakan, hari ini (Senin, 5 Juli 2021) panitia akan memperkenalkan sekaligus menjelaskan tata cara penggunaan aplikasi e-voting kepada senat Universitas Khairun dan ketiga calon Rektor. Panitia juga telah menyiapkan petunjuk teknis pelaksanaan sidang tertutup Senat Universitas Khairun bersama Mendikbudristek dalam agenda pemilihan Rektor.

Setelah memperkenalkan aplikasi beserta petunjuk penggunaan aplikasi e-voting, selanjutnya dihari yang sama, panitia bersama Senat Universitas Khairun akan melakukan uji coba penggunaan aplikasi e-voting tersebut. “ uji coba aplikasi e-voting untuk memastikan validasi, akurasi dan kerahasiaan untuk digunakan dalam pemungutan suara nanti” ungkap Hidayat.

Dalam pelaksanaan e-voting nanti, tiga anggota Senat terpilih akan menjadi pengawas terhadap pelaksanaan e-voting. Hal ini dilakukan agar semua penggunaan perangkat IT dapat dipastikan validasi dan akurasinya serta dapat dipertanggungjawabkan. Hasil dari uji coba aplikasi serta kesiapan panitia akan disampaikan ke Kementerian untuk memperoleh kepastian penjadwalan kembali pelaksanaan pemilihan Rektor Universitas Khairun periode 2021-2025.